National Mall – bag.1

Summer 2011 saya berkeliling DC. Saya membagi tulisan ini dalam beberapa bagian karena cerita saya ingin berbagi banyak cerita berdasar lokasi yang saya kunjungi. Mengingat saya orang yang baru belajar menulis, semoga cita-cita saya kesampaian :D.7national mall National Mall, view dari depan the Capitol.

Kunjungan wajib kali ini adalah area National Mall. Disini terletak berbagai gedung pemerintahan Amerika, dan yang bagi saya menarik, adalah keberadaan museum yang sebagian bisa dimasuki dengan gratis. Maklum, rerata tiket masuk museum adalah $20-an dan kalau saya menunjukkan KTM bisa dapat diskon $6-an. Tapi, mengingat apa yang bisa kita lihat di dalam museum, harga segitu sangat wajar, worth it lah. Berikut beberapa foto yang saya ambil di sana…1pennsylvania ave history Pennsylvania Avenue Natural Historic Site

2us archives US National Archives and Records Administration

3winfield hancock statue Major General WInfield Scott Hancock Statue

4indiana plaza Nongkrong dulu di Indiana Plaza

5grand army republic Grand Army of the Republic Statue

Terlihat beberapa foto patung atau monumen yang bertemakan kepahlawanan. Mungkin itu wujud penghargaan terhadap pahlawan, mengenang perjuangan, dan mengingat nilai-nilai luhur bangsa sehingga memupuk rasa patriotisme. Sesuatu yang bisa dipelajari ya, bagaimana bisa menumbuhkan rasa bangga sebagai sebuah bangsa yang besar. Patut dicatat, Amerika baru merdeka tahun 1776, sementara bangsa kita sudah memiliki berbagai kerajaan berabad-abad sebelumnya. Kalau dilihat dari sisi sejarah, kita memiliki kebudayaan yang lebih tua. Bagaimana dengan kebanggaan kita sebagai orang Indonesia ?

6capitol Nampang dulu di depan The Capitol.

Saya bangga sebagai orang Indonesia, setidaknya saya ber-batik ria di negeri orang 😀 Saya sering menggunakan cara ini untuk menunjukkan identitas saya. Menggunakan baju batik, atau kaos yang “khas” Indonesia atau daerah di Indonesia. Terbukti ketika saya tinggal di Athens, OH, ada yang menyapa saya karena saya berkaos (maaf, bukan maksud promosi) Joger yang merupakan kekhasan Bali – modern. Sementara saat saya jalan-jalan ke New York, saya disapa serombongan turis asal Indonesia karena menggunakan batik.

8national museum of american indian Smithsonian Museum of American Indian

Selanjutnya ada deretan museum yang dikelola oleh Smithsonian, yayasan nirlaba yang bergerak di bidang ilmu pengetahuan. Yep, nirlaba sehingga saya masuk gratis (hanya mengisi uang “ala kadarnya” ke kotak untuk pemeliharaan gedung). Museum ini sering muncul dalam film, khususnya Night at the Museum 2 – salah satu film yang saya sukai 🙂

9national museum of air and space National Museum of Air and Space

Sekian dulu… nanti lanjut ke bagian berikutnya. Thanks

 

ars

 

Leave a Reply

